Monday, June 8, 2020

Ayo Kunjungi Obyek Wisata Jembatan Gantung dan Sungai Kaligung Danawarih Yang Keren


Jalan jalan memang kegiatan yang mengasyikan, dan sudah menjadi agenda rutin bersama keluarga di hari libur/minggu. Tujuannya adalah menyenangkan anak-anak, apalagi sejak pandemi covid-19, sekolah diliburkan sampai berbulan-bulan. Nah, ada obyek wisata di Kabupaten Tegal yang pernah viral di medsos yaitu Jembatan Gantung Danawarih. 
Jembatan Gantung Danawarih adalah sebuah jembatan gantung yang melintasi sungai Kaligung di desa Danawarih Kabupaten Tegal. Jembatan Gantung Danawarih dibangun pada tahun 1992 dengan panjang sekitar 273 meter dan lebar 1 meter. Jembatan ini berfungsi untuk menghubungkan Desa Danawarih dan Sangkanjaya Kecamatan Balapulang dan dijadikan obyek wisata.
Elfiky Almortaza Priyatama
Daya Tarik
Pemandangan yang indah dan masih asri membuat siapa saja yang melihatnya menjadi damai. Jadi tidak salah, apabila musim liburan, banyak sekali yang datang ke sini. Bahkan di jembatan dan beberapa lokasi sekitar, sering digunakan sebagai tempat foto pre wedding atau sekedar foto selfi.
Selain Jembatan Gantung Danawarih ada obyek lainnya yang ada disekitar Jembatan Gantung Danawarih yang bisa dikunjungi. Sekitar 100 meter sebelum sampai lokasi Jembatan Gantung, tepatnya di loket masuk yaitu Makam Ki Gede Sebayu, salah satu tokoh bersejarah dalam berdirinya Tegal.
Selain itu ada bendungan sungai Kaligung, yang banyak sekali bebatuan besar dan air yang jernih, bisa untuk bermain-main air atau sekedar duduk-duduk di bebatuan. Disekitar bendungan Kaligung ini banyak warung-warung yang menjajakan makanan/minuman.
Ahmad Aqil Fayyazi
Dilokasi bendungan Kaligung banyak penduduk setempat yang bermata pencaharian sebagai penambang pasir, dan pembuat layah/cobek batu asli. Ini bisa menjadi referensi jika mau membeli pasir ataupun layah/cobek.
Ahmad Aqil Fayyazi

Ahmad Aqil Fayyazi
Tiket masuk
Tiket masuk ke obyek wisata ini sangat murah, hanya Rp.2000,-/motor, dan untuk parkir motor Rp.2000,- sudah bisa berfoto selfi di Jembatan Gantung Danawarih, melihat Makam Ki Gede Sebayu, serta bermain-main air di sekitar bendungan sungai Kaligung.
Lokasi
Jalur yang dilalui hampir sama dengan jalur yang akan ke Obyek Wisata Guci. Setelah melewati Pertigaan Yomani terus ke selatan dan akan melewati Desa Timbangreja kemudian Desa Danawarih. Ada papan penunjuk arah yang bertuliskan Makam Ki Gede Sebayu, ikuti arah tersebut. Sepanjang perjalanan menuju tempat tersebut dapat terlihat aliran sungai Kaligung, sawah, saluran induk Kaligung. Atau bisa dilihat google map di bawah ini

Share:

1 comment:

  1. Wah nice info gan

    Mampir gan ada info update https://kabarinformasiaktual.blogspot.com/2020/07/beredar-isu-reshuffle-kabinet-dikala.html?m=1

    ReplyDelete

Powered by Blogger.